Monday, May 21, 2012

MENGENAL IRAMA SIRCARDIAN




Secara biologis, manusia itu mempunyai irama sirkardian tertentu yang teratur dalam 24 jam. Jika irama itu mengalami gangguan, maka alarm tubuh akan segera meresponsnya dan menunjukkan gejala-gejala ketidak beresan. Berani melawan irama sirkardian tubuh manusia?        
Layaknya kebutuhan biologis lainnya, tubuh akan memberikan sinyal gangguan. Perut akan terasa kriuk-kriuk ketika lapar, mata akan terasa berat ketika saatnya tidur, tubuh akan terasa lelah jika terlalu banyak bekerja dan sebagainya. Bahkan dengan meminum kopi sekalipun rasa kantuk tak kunjung hilang. Atau takjub karena tanpa harus menyalakan alarm, pagi hari kita otomatis terbangun. Atau tiba-tiba kepala berdenyut karena stressor yang dihadapi cukup tinggi?
Maha Suci Allah yang telah menciptakan MakhlukNya dengan segala perangkatnya. Pola tubuh kita dalam aktivitas sehari-hari tersebut disebut dengan irama sirkadian tubuh. Irama sirkadian ini menggambarkan pola aktivitas tubuh kita selama 1 hari penuh atau 24 jam.
Pengetahuan mengenai irama sirkadian tubuh ini sudah dikenal cukup lama, kurang lebih abad keempat sebelum Masehi. Pada masa itu, Androsthenes, seorang kapten kapal milik Iskandar Agung menjelaskan mengenai pola pergerakan dedaunan pada pohon tamarind pada siang hari.
Seiring perkembangan keilmuan, irama sirkadian ternyata dimiliki oleh berbagai makhluk hidup termasuk manusia. Di bawah ini adalah irama sirkadian tubuh manusia. Terdapat beberapa waktu utama yang perlu kita cermati:
Beberapa penjelasan di bawah terkait dengan kebiasaan hidup sehat Rasulullah saw
WaktuAktivitas yang terjadi
02.00Fase tidur dalam
04.30Suhu tubuh mencapai titik terendahnya.
Saat ini adalah ketika azan subuh berkumandang, sesuai dengan penjelasan di atas. Sebelum ini, sebagai seorang muslim hendaklah bangun lebih awal dan melaksanakan tahajud. Menyesuaikan irama relaksasi tubuh. Disinilah proses cooling down maksimum dilaksanakan sambil mempersiapkan tubuh dalam ‘pertempuran’ di siang hari. Relaksasi di pagi hari ini pun mencegah sekresi hormon kortisol sehingga mencegah kerusakan sel. Nah, ini dia rahasia tahajud ditinjau dari segi kesehatan.
06.45Peningkatan tekanan darah
Pada saat ini Rasulullah mengajarkan kita memulai aktivitasnya dengan meminum segelas air dingin dan madu. Saat meningkatnya tekanan darah ini, proses metabolisme dalam tubuh dimulai dan sumber energi dalam madu menjadi initial dose atau suatu bentukstarting point dalam jumlah cukup namun tidak berlebihan.
07.30Berhentinya sekresi melatonin
Melatonin adalah penanda aktivitas ‘malam’ tubuh kita. Seiring berhentinya sekresi zat ini, maka tubuh disiapkan untuk ‘bertempur’ dalam aktivitas siang. Nah, tidak perlu cemas sebab bukankah sebelumnya sudah ada cadangan energi dari madu dan air?
08.30Pergerakan saluran cerna dimulai
Masih ingat dengan gerak peristaltik pada awal bab? Ya! Disinilah pergerakan tersebut dimulai. Jadi, wajarlah kiranya bila pada saat setelah masa ini kita memakan beberapa jenis makanan dalam jumlah kecil. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang memakan 7 butir kurma pada waktu dhuha.
09.00sekresi testosteron mencapai puncaknya.
10.00tingkat konsentrasi paling tinggi.
Silakan beraktivitas dan raih prestasi pada waktu ini. Jangan lupa memohon rezeki pada Sang Pemberi Rizki dengan salat Dhuha terlebih dahulu.
14.30tingkat koordinasi tertinggi.
Alangkah ruginya orang-orang yang memilih tidur siang pada waktu ini. Sendainya tubuh dipergunakan untuk aktivitas yang menuntut koordinasi tingkat tinggi. Inilah saat yang tepat.
15.30puncak tercepat reaksi tubuh.
Di saat sore inilah, kita perlu mengisi perut dengan menu makan sore Rasulullah.  Sepotong roti cukup untuk mengganjal perut pada sore hari.
17.00puncak efisiensi sistem kardiovaskular dan kekuatan otot.
18.30tekanan darah mencapai puncaknya.
19.00suhu tubuh mencapai puncaknya.
Pada saat inilah relaksasikan tubuh kita dengan ibadah salat Isya. Dan jangan lupa menu makan malam dengan sayurannya.
21.00sekresi melatonin dimulai.
Pada jam-jam ini sebaiknya kita sudah tidur. Rasulullah sendiri membiasakan diri tidak begadang dan berbicara selesai shalat Isya.
22.30pergerakan saluran cerna mulai menurun.
Hikmahnya, sebaiknya kita tidak makan lagi pada masa ini karena makanan tidak akan dicerna dengan sempurna.
Nah, mencoba melawan irama sirkardian tubuh manusia, artinya tidak bersahabat dengan diri sendiri. Seperti kebiasaan begadang, nonton sampai malam dan sebagainya. Tetapi jika begadang itu dilakukan sesekali dan untuk tujuan mulia seperti menuntut ilmu, pekerjaan yang mendesak sesekali tak mengapa, semoga Allah memberkahi waktu yang digunakan untuk aktifitas kebaikan.
Maha Suci Allah dengan segala keteraturan yang diciptakan-Nya.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls