Monday, July 30, 2012

Tips Bekerja Dalam Bulan Ramadhan


Bulan puasa kadang disalah artikan sebagai bulan ‘slow down’. Padahal, justru sebaliknya bulan Ramadhan merupakan bulan ‘peak performance’ secara lahir dan batin untuk menjadi manusia yang lebih baik dari tahun sebelumnya.
Sungguh disayangkan jika bulan penuh berkah ini terlewatkan begitu saja karena ketidakcermatan menyeimbangkan waktu antara beribadah dan bekerja.
Berikut adalah beberapa tips sederhana agar ibadah Ramadhan Anda semakin optimal sekalipun dilakukan sambil bekerja di kantor :
1.    Niatkan hati, ikhlaskan diri. Bekerja dan beribadah memiliki orientasi berbeda, untuk memenuhi kebutuhan duniawi dan untuk rohani dan akhirat. Namun itu tidak menjadikan keduanya bersifat optional sebab hukumnya sama-sama wajib.
2.    Jaga stamina agar ibadah dan kerja berjalan lancar. Agar aktifitas kerja tidak terganggu karena puasa, manfaatkan makan sahur sebaik-baiknya. Sahur juga terhitung ibadah sehingga melewatkannya sama dengan menolak pahala.
3.    Berdzikir kapanpun teringat pada-Nya. Saat perjalanan ke kantor, berada di lift, menunggu mesin fotokopi, kapan saja dan dimana saja. Mengucapkan basmallah saat memulai suatu pekerjaan dan mengucap kalimat syukur ketika menyelesaikannya adalah contoh sederhana yang dapat dibiasakan.
4.    Sirami hati dengan membaca/mendengar Al-Quran. Membaca Al-Quran di kantor tidak bisa dilakukan dengan khusyuk dan leluasa karena waktu dan tempat yang terbatas. Waktu sehabis sholat bisa dimanfaatkan untuk membaca kitap suci dan mendalami artinya.
5.    Jagalah lisan, hindari bergosip. Tanpa disadari saat mengobrol seru dengan rekan kerja menjadi bergunjing tentang orang lain. Hindari bergosip. Selain merusak ibadah Anda, hal tersebut juga membuang waktu.
6.    Jadikan rekan kerja sebagai ladang amal Anda. Beribadah tidak hanya dilakukan secara vertikal namun juga horizontal. Berbuat baik pada rekan kerja sekalipun kecil kadarnya akan berlipatganda nilainya.


“Selamat Menjalankan Ibadah Puasa”

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls