Friday, July 20, 2012

Menghindari Radiasi Pengunaan Telepon

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, mendorong perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba untuk menciptakan produk serba canggih yang dapat mempermudah dan mendukung kehidupan masyarakat. Contohnya saja telephone seluler. Fungsi utama penggunaan telepon seluler menjadi kebutuhan yang wajib dalam berkomunikasi, kecanggihan akan teknologi memiliki jenis dan fungsi yang beragam dalam pengunaan telepon seluler. World Health Organization menyebutkan “ponsel mungkin bersifat karsinogenik pada manusia”. Pernahkah terpikir oleh Anda bahwa sebagai pengguna telepon, Anda memiliki resiko besar terpengaruh radiasasi yang diakibatkan dari telepon seluler.

Berikut tips agar menghindari radiasi telepon seluler ;

1. Speaker on
Speaker on berfungsi mengurangi energi atau tingkat kekuatan radiasi ponsel. Semakin jauh Anda dari antena ponsel, semakin rendah sinyalnya. Kabel headset pada banyak ponsel juga bisa bertindak sebagai antena, sehingga dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke kepala Anda.

2. SMS-an, BBM- an dan Chatting
Bersyukurlah bila Anda menyukai SMS-an, BBM – an dan chatting untuk berkomunikasi, karena kegiatan tersebut memiliki keuntungan dalam menghindari radiasi telepon seluler. Karena dengan Anda mengirim teks membatasi durasi paparan radiasi, dan menjaga jarak ponsel dari kepala dan tubuh Anda.

3. Jangan Menaruh Ponsel di Kantong Celana
Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa sebagian pria sering kali manaruh ponselnya di dalam saku celana padahal menurut penelitian sangat berdampak buruk bagi kesehatan pria yaitu memiliki jumlah sperma 25 % lebih rendah.

4. Jauhkan Ponsel dari Tempat Tidur
Jika Anda terlelap sebaiknya jauhkan ponsel dari tempat tidur karena mempengaruhi akan kerusakkan resiko DNA dari medan elektonik dari telepon seluler. Seperti yang dilasir darI sumber penelitian kerusakkan DNA dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit lain.

5. Memindahkan Ponsel dari Telinga Kiri ke Telinga Kanan
Dalam kebudayaanya kehidupan induvidu manusia tak terlepas dari telepon genggamnya untuk berkomunikasi jarak jauh dan jarak deket, tapi cobalah memindahkan ponsel dari telinga kiri ke telinga kanan berulang kali. Hal ini dapat membatasi paparan pada satu sisi kepala saja. Resiko terbesarnya adalah meningkatnya risiko tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga yang sering digunakan untuk mendengarkan pembicaraan melalui ponsel.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls