Friday, July 6, 2012

DASAR API

Untuk saat ini saya akan menulis sebuah tulisan tentang Api.....Tapi yang jelas bukan api asmara lho.he..he..

Berbicara mengenai api kita bisa mengupas mengenai filosofi api. Api menurut ilmu ekonomi merupakan kebutuhan elite yaitu pada jumlah atau besaran yang proporsional dan terkendali merupakan kawan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Tetapi apabila api tersebut besarnya tidak proporsional dan tidak dapat dikendalikan yang kita kenal dengan kebakaran maka akan menjadi lawan bagi manusia. Oleh sebab itu kita yang bekerja di industri perminyakan yang sarat akan adanya bahaya kebakaran atau peledakan perlu secara cermat mendalami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan api.

Manusia, hardware (equipment), software, teknologi dan sarana penunjang lain merupakan asset perusahaan yang harus kita lindungi dari bahaya kebakaran. Akibat kebakaran atau peledakkan sangat hebat yaitu dapat menyebabkan hilangnya nyawa manusia, kurugian harta benda bahkan kerusakan lingkungan. Namun hal tersebut dapat dicegah atau dikendalikan apabila kita tahu dan paham mengenai perilaku dan karakteristik api. Dengan demikian kita dapat melakukan upaya-upaya menerapkan sistem proteksi terhadap potensi bahaya kebakaran atau peledakan.

Selain harus tahu dan paham ilmu-ilmu api, kita juga harus dibekali kemampuan untuk melakukan penanggulangan apabila kebakaran atau peledakan benar-benar terjadi. Maka teknik dan strategi penanggulangan juga penting untuk dipelaji oleh setiap pekerja yang berada di lingkungan industri perminyakan. Kebakaran dapat ditanggulangi oleh orang awan tanpa menggunakan teknik dan strategi yang benar, namun akibatnya akan fatal karena orang tersubut juga akan padam. Oleh sebab itu dengan strategi dan teknik yang benar kebakaran atau peledkan dapat kita kontrol dan kendalikan sehingga akan mengurangi akibat atau kerugian yang lebih fatal.

Handout yang sederhana ini membahas mengenai perilaku api pada proses kebakaran, sifat fisik kimia, teknik serta strategi penanggulangan. Perlu kami informasikan bahwa handout ini bertujuan untuk membuka wawasan sehingga apabila kita ingin menjadi professional maka perlu lebih mendalami lagi ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan api itu sendiri.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls