Friday, June 29, 2012

Radiasi Handphone (HP)



Sebelum kita membahas tips sehat menggunakan handphone (HP), sebelumnya kita bahas dulu pengeruh negatif handphone bagi kesehatan. Mungkin pernah kita mendengar bahwa radiasi dari sinyal yang ditimbulkan oleh HP bisa menimbulkan kanker atau bahkan penyakit-penyakit lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa HP bisa meningkatkan 400% resiko kanker bagi penggunanya. International EMF (Electromagnetic Field) Collaborative melaporkan hasil penelitiannya yang dilakukan di 13 negara di wilayah Eropa Barat bahwa radiasi HP membawa dampak yang berpengaruh terhadap kesehatan khususnya kesehatan anak. Lloyd Morgan peneliti EMF Collaborative mengatakan: Sejumlah negara sudah siap memblokir penggunaan HP bagi anak-anak, bahkan Prancis sudah mengeluarkan instruksi agar penggunaan HP bagi anak-anak hanya digunakan untuk mengirimkan pesan saja. Morgan juga mengungkapkan bahwa percakapan menggunakan HP dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan resiko seorang anak atau remaja terserang kanker otak. Selain itu mengantongi HP dalam kantong celana atau membiatkan anak-anak tidur didekat HP yang aktif juga dapat menggangu kesehatan.

Bahaya-bahaya penggunaan HP:

* ?Memanaskan Otak dan Kulit
HP dapat membuat panas otak sehingga mengganggu fungsinya. Sebuah kajian yang telah diterbitkan di Inggris tahun lalu, mengungkapkan tingkat paparan (exposure) gelombang dari HP yang ditempelkan di dekat telinga atau bagian badan tertentu lebih besar daripada tingkat paparan dari stasiun HP terhadap seluruh badan.
Sebuah studi di Swedia menunjukkan peningkatan rasa/sensasi panas sebesar 48 kali terhadap telinga, muka dan kepala dari pengguna HP. Di Swedia juga dilaporkan pada tahun 2006 bahwa kita memiliki risiko 240 persen lebih besar terkena kanker otak berbahaya, tepatnya di bagian kepala yang berdekatan dengan telinga yang sering digunakan untuk bertelepon.
Peneliatian di Rusia, HP dapat meningkatan suhu permukaan kulit sampai 4,7 oC yang dapat mengarah ke timbulnya kangker kulit. Di Inggris, ditemukan seorang pengguna HP yang meninggal karena tumbuhnya sel-sel kanker pada permukaan kulit yang sering bersentuhan dengan HP.
Beberapa peneliti memperingatkan bahwa dampak panas HP ini dapat menyebabkan paras pengguna bergaris-garis dan cekung yang menjadi awal terjadinya penuaan dini. Diduga panas menyebabkan sel-sel badan menurun kerjanya karena proses-proses dalam sel tak dapat berjalan secara efisien.
* Risiko Terkena Kanker,
Penggunaan HP meningkatkan risiko terkena tumor otak sebesar 2,5 kali. Anak-anak yang tulang tengkoraknya lebih tipis dan otaknya lebih kecil menghadapi risiko lebih besar. Tikus percobaan yang terkena radiasi HP selama 18 bulan, menghadapi tingkat risiko dua kali lipat terkena kanker.Pengguna bersat HP mengalami penurunan hormone melatonin yang amat penting untuk mencegah berkembangnya sel-sel kangker. Perokok pengguna HP punya risiko lebih besar terkena kangker disbanding pengguna HP non perokok.
Pengguna HP berat (beberapa jam / hari) ditemukan terkena kangker getah bening non-Hodgkin pada leher di area yang sering mengalami kontak HP. Beberapa menit paparan radiasi HP dapat mengubah 5% sel kangker aktif menjadi 95% sel kangker aktif, selama periode paparan dan beberapa saat setelah itu. Risiko terkena tumor yang amat langka, neuro-epithelia, yang berkembang di luar otak, meningkat dua kali lipat pada penggunaan HP di bandingkan non-pengguna. Pada tahun 1998, tercatat tak kurang 8 tuntutan hokum berkenaan dengan timbulnya tumor otak akibat penggunaan HP.
* ?Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA
Beberapa studi menunjukkan bahwa radiasi HP telah menyebabkan kerusakan DNA dalam sel tubuh. Menurut penelitian di Inggris, radiasi dari frekuensi radio yang lemah serupa dengan dipancarkan HP – dapat melemahkan system pertahanan tubuh yang bertugas melawan infeksi dan penyakit.
* Bayi Cacat
RAdiasi HP juga dikaitkan dengan bahaya terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa radiasi HP menyebabkan cacat pada emberio ayam.
* Peningkatan Tekanan Darah
pada sebuah studi di JErman dilaporkan dalam media Lancet pada 1998, tekanan darah pada subyek yang diteliti meningkat 5-10Hg-peningkatan yang lebih dari cukup untuk memicu stroke atau serangan jantung pada orang-orang yang berisiko tinggi. Ini kali pertama sebuah bukti yang sangat meyakinkan bahwa radiasi HP dapat mengubah fungsi sel dalam badan manusia.
* Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s, Hanya dalam tempo dua menit terpapar pancaran gelombang HP, dapat melemahkan batas pengaman dalam darah, sehingga protein dan racun/toksin bocor dan kemudian masuk ke dalam otak. Inilah yang membuka jalan bagi berkembangnya berbagai penyakit seperti Penyakit Alzheimer’s, Multiple Sclerosis & Parkinson’s. Studi lain menunjukkan pengguna HP 30 menit/ hari terkena risiko pikun (memory loss) dua kali lipat disbanding pengguna HP kurang dari dua menit/hari. Riset di AS terhadap tikus menunjukkan paparan gelombang HP selama 45 menit menyebabkan terhambatnya kemampuan belajar dan ingatan jangka pendek mereka. Riset di Inggiris yang disponsori pemerintah menunjukkan keterkaitan antara radiasi HP dengan kehilangan ingatan jangka pendek dan pikun sesaat.
* ?Jantung dan Batu Ginjal
Riset baru-baru ini menunjukkan radiasi HP dapat menyebabkan kebocoran hemoglobin – pembawa oksigen ke seluruh tubuh – dari sel darah merah, hal ini berakibat pada timbulnya sakit jantung dan batu ginjal.
* Penurunan Gairah Sex, Rasa Terbakar dan Kelelahan
Riset di Ukraina yang dilakukan pada binatang menunjukkan pengguna HP dapat menurunkan gairah sex secara drastic. Tikus yang terpapar radiasi HP menghasilkan jauh lebih sedikit hormone testoteron dalam darah dibandingkan tikus yang tak terpapar. Semakin tinggi tingkat radiasi semakin sedikit testosterone yang dihasilkan, sehingga menurunkan gairah seksual. Riset yang disponsori oleh industry HP, pemerintah Norwegia dan Swedia menegaskan adanya korelasi antara lama frekuensi/ seringnya penggunaan HP dengan munculnya gejala-gejala kelelahan/ fatique rasa terbakar, dan sakit kepala. Pengguna HP juga ada yang melaporkan telah mengalami kulit gatal-gatal, terbakar dan kejang-kejang
* ?Racun Dari Tambalan Gigi
Riset pun menunjukkan bahwa radiasi HP dapat mengaktifkan mercuri dalam tambalan gigi sehingga menghasilkan sejenis gas beracun. Beberapa pakar percaya bahwa gas itu dapat menyerang otak dan system syaraf sehingga mengakibatkan kondisi seperti depresi, asthma, Alzheimer’s dan Multiple Sclerosis.
* Sakit Kepala, Pusing-Pusing, Kehilangan Konsentrasi
Riset yang disponsori industry HP terhadap 11.000 pengguna HP 4 – 5 kali sehari menghadapi risiko 3,6 x lebih besar terkena sakit kepala dari pada pengguna HP kurang dari dua kali sehari. Para pengguna juga menghadapi risiko 2,3 kali terkena pusing-pusing dan s,4 kali terkena kehilangan konsentrasi dibanding non-pengguna. Orang-orang muda menghadapi risiko lebih besar, mereka yang berusia dibawah 30 tahun menghadapi risiko 3 – 4 kali lebih besar dibandingkan pengguna yang lebih tua.

Nah untuk mengurangi resiko itu, ikuti tips-tips berikut ini:

* Gunakan telinga kiri untuk berbicara di telepon
* Jangan menggunakan handphone ketika di-charging
* Jangan gunakan Headphone/earphone dalam jangka waktu yang lama
* Ketika batere handphone anda sudah terlihat digrid terakhir, usahakan jangan lagi menggunakan untuk menelpon, karena radiasi yang lebih besar
* Gunakan speaker atau headset, Headset tak memancarkan radiasi sebanyak ponsel. Para peneliti masih belum sepakat mengatakan mana yang lebih aman, apakah headset yang menggunakan kabel atau yang tidak. Karena konon, headset dengan kabel pun masih mengeluarkan radiasi, meski dalam tingkat kecil. Jadi, jika dalam keadaan sepi, dan tidak mengganggu orang lain, ada baiknya jika sesekali Anda menjawab telepon dengan menggunakan mode speaker.
* Perbanyak mendengar, kurangi bicara HPmemancarkan radiasi ketika Anda berbicara atau mengetik SMS, tapi tidak memancarkan radiasi ketika sedang menerima pesan. Maka, usahakan untuk mendengarkan lebih banyak saat bicara dengan HP , ketimbang berbicara.
* SMS, HP tidak menggunakan tenaga banyak ketika kita mengirimkan teks ketimbang ketika ponsel bertugas mengirimkan suara kita. Artinya, tenaga berkurang, radiasi yang dikeluarkan pun juga berkurang. Lagipula, ketika kita mengetik SMS, artinya kita menjauhkan HP dari kepala kita.
* Sejauh lenganKetika Anda menggunakan headset untuk menjawab telepon, usahakan untuk menjauhkan HP dari telinga, dada, atau pinggang. Bagian-bagian tersebut, termasuk perut adalah bagian-bagian tubuh yang mudah menyerap radiasi. Usahakan untuk menjauhkan HPyang sedang menerima telepon lewat headset dari perut Anda.
* Sinyal hilang? Matikan saja. Ketika si ponsel tidak bisa menerima sinyal cukup, ia harus mengeluarkan usaha lebih kencang untuk mencari menara pemancar. Artinya, lebih banyak emisi yang ia keluarkan. Saat Anda harus menggunakan ponsel, upayakan sinyal berada dalam kondisi penuh. Lagipula, ponsel yang terlalu lama berusaha mencari sinyal hanya akan menghabiskan baterainya.
* Tak perlu pelindung, Ketika Anda menggunakan sarung pelindung tambahan untuk telepon, artinya Anda menutup jalur telepon untuk bisa bekerja dengan optimal. Artinya, ia akan berusaha lebih keras untuk mencari sinyal, sehingga lebih banyak radiasi yang ia keluarkan.
* Kurangi penggunaan ponsel pada anak, Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali lebih banyak ketimbang orang dewasa. Disarankan untuk menjauhkan anak-anak dari ponsel untuk melindunginya dari bahaya yang belum diketahui di masa depan.
* Pilih HP yang radiasinya kecil, berikut daftar HP yang radiasinya.
* FCC (salah satu lembaga pemerintah AS) menetapkan batas maksimal besarnya radiasi yang diperbolehkan untuk handphone atau telepon genggam. Besarnya radiasi handphone ini dinyatakan dalam SAR (Specific absorption rate). SAR adalah nilai maksimum radiasi yang diserap oleh tubuh per satuan berat. FCC menentukan besarnya SAR untuk handphone adalah maksimal sebesar 1.6 W/kg. Negara-negara di Eropa (European Union) menetapkan besarnya SAR maksimal adalah sebesar 2 W/kg. Handphone/ponsel yang berada di atas batas ini tidak boleh diproduksi dan diperdagangkan di negara tersebut.Anda bisa melihat daftar nilai SAR dari berbagai macam merk HP di situs FCC, klik di sini. Jika nilai SAR tinggi, maka radiasi handphone tersebut tinggi. Sepuluh handphone dengan nilai SAR paling tinggi adalah (namun masih di bawah batas ‘aman’): Motorola V195s (1.6), Motorola Slvr L6 (1.58 ), Motorola Slvr L2 (1.54), Motorola W385 (1.54), Motorola Deluxe ic902 (1.53) T-Mobile Shadow (HTC) (1.53, Motorola i335 (1.53), Samsung Sync SGH-C417 (1.51), Motorola V365 (1.51), RIM BlackBerry Curve (AT&T) (1.51). Sepuluh handphone dengan nilai SAR paling kecil (radiasi kecil) adalah: LG KG800 (0.135), Motorola Razr V3x (0.14), Nokia 9300 (0.21), Nokia N90 (0.22), Samsung SGH-G800 (0.23), Samsung Sync SGH-A707 (0.236), Nokia 7390 (0.26), Samsung SGH-T809 (0.32), Bang & Olufsen Serene (Samsung SGH-E910) (0.33), Motorola Razr2 V8 (0.36)
* Jangan menelepon di mobil tanpa antena eksternal.
* Biasanya ABG remaja atau muda-mudi yang masih hot-hotnya pacaran sering sekali menggunakan handphone berjam-jam. Apalagi sekarang ada iklan kalau tarifnya murah (0.000…01 rupiah/detik). Bahkan ada yang nelpon semalaman sampai subuh sambil tiduran. Ini tidak baik karena radiasi handphone yang berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan

Memang penggunaan HP sangat berguna bagi kehidupan manusia, tinggal sekarang bagaimana kita mengatur penggunaannya, jangan berlebihan, apapun kalau dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

Referensi:

* http://www.forumkami.com/forum/forum-handphone/24167-tips-mencegah-radiasi-handphone.html
* http://www.untuksemua.com/healthy/cara-hidup-sehat-6217/
* http://gayahidupsehat.org/bahaya-hp-bagi-kesehatan/

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls