Friday, January 25, 2013

WARTA KATIGA EDISI III



BEKERJA DALAM KONDISI HAMIL
Kehamilan adalah proses alamiah yang dialami oleh pekerja wanita yang sudah menikah dan dalam usia subur. Sehingga proses tersebut harus tetap dijalani dengan tetap melakukan tugas sebagai karyawan yang profesional. Kondisi kehamilan yang dialami bisa sangat bervariasi sehingga diharapkan karyawan yang sedang menjalani kehamilan harus mengetahui kondisi kesehatannya. Sebagian besar kehamilan yang terjadi tidak banyak menimbulkan gangguan yang bisa mengganggu kelancaran pekerjaan, tetapi pada beberapa kasus kehamilan bisa menimbulkan gangguan yang mengharuskan istirahat atau perawatan khusus. Hal tersebut bisa mengurangi kelancaran dalam pekerjaan.
Pada pekerja khususnya di Rumah Sakit yang sedang menjalani kehamilan harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :
1.     Untuk menghindari kelelahan yang berlebihan maka usahakan beristirahat dengan waktu singkat tetapi frekuensi lebih sering sehingga produktivitas dapat dipertahankan dengan lebih baik. Jangan mengakumulasikan masa istirahat dalam satu waktu saja.
2.     Sesuaikan beban kerja dengan irama tubuh. Pada saat tubuh merasa sangat lelah, kerjakanlah tugas yang ringan terlebih dahulu, dan saat tubuh terasa prima maka bisa mengerjakan tugas yang lebih berat.
3.     Apabila pekerjaan yang dilakukan sebagian besar dalam posisi duduk, usahakan terdapat sandaran punggung yang nyaman, bila perlu membawa sendiri bantal kecil untuk sandaran punggung. Pastikan posisi telapak kaki menginjak pijakan atau lantai sehingga kaki tidak menggantung dan sempatkan sesekali berjalan singkat dalam ruangan sehingga otot kaki  lebih rileks dan melancarkan peredaran darah.
4.     Prioritaskan makanan berprotein tinggi yang mengandung zat besi.
5.     Usahakan melakukan olahraga ringan yang teratur (bila tidak ada kontraindikasi) untuk melatih kelenturan otot dan menjaga stamina selama bekerja dalam kondisi hamil.
6.     Minimalisir paparan berbahaya di tempat kerja, misalnya merkuri, sinar-X, obat kanker, zat anestesi dan bahan bakar minyak.
7.     Menghindari infeksi dengan cara cuci tangan sesuai standar, memakai sarung tangan, masker dan Alat Pelindung Diri yang tepat pada waktu bekerja.
8.     Pada saat tiba dirumah sepulang bekerja , diusahakan segera istirahat dan menenangkan diri, sebelum memulai kegiatan rumah yang lainnya.
9.     Diperlukan dukungan yang lebih dari suami dan keluarga selama proses kehamilan dengan tetap menjalankan pekerjaan.
10.  Jangan mengambil cuti melahirkan terlalu mepet dengan perkiraan hari kelahiran, sehingga kondisi tubuh masih lelah pada saat proses kelahiran.
Semoga semua pekerja wanita tetap bisa menjalankan kodrat sebagai wanita dengan tetap berkarya dan memberikan manfaat terhadap sesama.(RG/UK3)

SAFETY DALAM BEKERJA

Keselamatan lebih dari pada sekedar mengikuti aturan-aturan rumah sakit  selama kita bekerja. Keselamatan yang sesungguhnya adalah suatu gabungan dari sikap aman, perilaku dan pengendalian secara aman baik didalam maupun di luar pekerjaan.
Sikap berarti kerangka berpikir / jalan pikiran ketika menghadapi suatu situasi yang ada. Perilaku berarti apa yang dilakukan / cara bereaksi terhadap suatu situasi. Pengendalian mengacu pada penciptaan lingkungan yaitu melaksanakan apa yang di fikirkan agar aman.
Sikap aman, perilaku, dan pengendalian secara aman meningkatkan menjadikan anda lebih aman, dan lebih produktif.
Sikap
Sikap aman berarti tetap waspada dan terpusat pada pekerjaan yang dilakukan, berpegang teguh pada petunjuk keselamatan selalu bersungguh-sungguh dengan pekerjaan, dan menahan emosi seperti amarah dan putus asa dalam melakukan pekerjaan.
Perilaku
Bagaimana anda bereaksi terhadap  situasi merupakan bagian penting dari keadaan aman. Mengikuti tuntunan dan tata cara keselamatan, menolak melakukan “jalan pintas”, menggunaan alat pelindung diri, mengajukan pertanyaan-pertanyaan bila anda membutuhkan informasi lebih jauh tentang tugas yang dihadapi – semua ini adalah perilaku aman. Perilaku aman juga berarti menolong teman-teman, teman sekerja, dan anggota keluarga memahami pentingnya tindakan pengamanan  di tempat kerja, rumah, atau bermain.
Pengendalian
Pengendalian berarti memikul tanggung jawab untuk menciptakan tempat kerja, rumah, atau fasilitas hiburan, menjadi suatu tempat yang aman. Anda dapat membantu menjadikan lingkungan anda terhindar dari gangguan-gangguan potensial dengan menjaganya agar bersih dan tertib.
Jagalah agar alat-alat  terawat  dengan baik, bersihkan limbah dan sampah (atau laporkan kepada orang yang tepat), dan jangan membuka tempat-tempat penyimpanan (container) bahan beracun dan berbahaya jika tidak faham petunjuknya. Dalam bekerja, pastikan untuk melaporkan kepada pengawas anda tentang alat, ventilasi yang rusak, atau setiap gangguan yang mungkin timbul.
Sikap, perilaku dan pengendalian adalah tiga aspek terpenting (dan barangkali yang paling sederhana) untuk mencapai  keselamatan pribadi, baik di dalam kerja maupun di luar kerja. Gunakan kesempatan untuk mengkaji ulang  apakah anda melakukan segala sesuatu yang anda dapat lakukan untuk melindungi diri sendiri, teman sekerja anda, dan mereka yang anda sayangi dari kecerobohan cidera yang tidak perlu ?  Salam K3. [Ro/UK3]

5 Tips Sehat Untuk Karyawan Kantoran
Dalam dunia bisnis waktu adalah uang. Waktu sangat berharga karena waktu tidak akan berulang. Kesibukan dalam dunia bisnis, apalagi bagi karyawan kantoran terkadang melupakan akan pentingnya kesehatan. Makan tidak teratur, duduk tidak ergonomis, tidak makan bergizi dan jarang olahraga serta kurang istirahat yang menjadi kebiasaan kurang baiknya.
Penyakit pun berdatangan bila kita dalam kesibukan yang luar biasa tetap melakukan hal-hal diatas. Kalau anda merasa termasuk dalam kebiasaan diatas. Berikut ini beberapa saran saya yang mungkin dapat anda lakukan dengan tidak mengurangi porsi pekerjaan anda.
1.       Mengkonsumsi makanan seimbang dan bervariasi.
Menu yang sama setiap hari dapat menyebabkan tubuh Anda akan kekurangan gizi. Anda harus mengkonsumsi sumber serat, karbohidrat dan protein. Anda juga harus mengurangi untuk mengkonsumsi makanan yang digoreng dan makanan yang mengandung santan.
2.       Melakukan olahraga secara teratur.
Luangkan waktu Anda untuk melakukan olahraga. Jika tidak bisa pada  pagi hari,Anda dapat bergabung dengan pusat kebugaran yang masih terbuka sampai larut malam.
3.       Cukupkan porsi minum
Konsumsi setidaknya empat gelas air (1 liter) selama Anda bekerja.
4.       Konsumsi makanan ringan yang sehat
Jika Anda suka ngemil sebaiknya cari cemilan yang sehat.
5.       Jangan lupa sarapan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa
orang yang memulai hari mereka dengan
sarapan biasanya memiliki kualitas konsentrasi
yang lebih baik daripada kualitas konsentrasi
orang yang hanya minum secangkir kopi di
pagi hari.(Ita/UK3).


Cukupkah Waktu Tidur Anda?

Praktisi kesehatan merekomendasikan 6-8 jam sebagai waktu tidur yang ideal pada orang dewasa. Tetapi nyatanya, tak sedikit orang yang cuma tidur 4 jam setiap harinya namun tetap sehat dan bugar. Sebenarnya, berapa lama durasi tidur yang paling tepat?
Pada dasarnya waktu tidur sangat individual. Ini berarti, tidak ada "takaran" yang sama untuk semua orang. "Boleh-boleh saja tidur 4 jam, asalkan saat bangun di pagi hari kita merasa segar dan terpulihkan. Kalau kita justru merasa lesu dan tak ada semangat, itu artinya kita memang kurang tidur.
Lamanya durasi tidur ternyata juga tak akan memberi pengaruh pada kesehatan bila tidak memiliki kualitas yang baik. "Agar tetap sehat, yang perlu diperhatikan adalah kualitas tidurnya.
Tidur yang dalam NREM (non rapid eye movement) sangat esensial untuk kelangsungan hidup. Dalam tahap NREM, akan dihasilkan hormon pertumbuhan yang berguna untuk regenerasi sel-sel dan meningkatkan imunitas tubuh. Saat tidur NREM, seseorang akan sulit dibangunkan dan jika bermimpi, maka saat bangun kita sudah tidak mengingat isi mimpinya.
"Hormon pertumbuhan dan perbaikan sel ini hanya dikeluarkan tubuh di malam hari dan tidak bisa digantikan dengan tidur siang. Suasana gelap di malam hari ikut membantu pengeluaran hormon melatonin lebih cepat sehingga secara alami kita akan mengantuk.
Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni membiasakan diri untuk bangun pagi secara teratur, menghindari stres emosi dan pekerjaan di tempat tidur, melatih relaksasi, dan baru pergi tidur setelah mengantuk. "Idealnya tidak ada orang yang perlu obat untuk tidur.
 

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls