Thursday, December 20, 2012



10 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Berolahraga

Apa yang Anda makan tepat setelah selesai berolahraga lebih penting daripada apa yang Anda makan di sisa hari. Kesalahan memilih makanan setelah berolahraga dapat menyebabkan tubuh kesulitan memulihkan energi yang hilang.

Makanan terbaik pasca olahraga adalah yang menggabungkan air, karbohidrat kompleks dan sejumlah protein. Tubuh menggunakan glukosa (gula) untuk bahan bakar selama berolahraga, sehingga ketika selesai olahraga, Anda membutuhkan makanan yang dapat meningkatkan gula darah.

Tetapi perhatikan baik-baik, bahwa peningkatan gula darah tersebut haruslah bertahap dan tidak melonjak secara tiba-tiba.

Seperti dilansir ivillage, Jumat (21/12/2012), untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari setelah berolahraga, perhatikan ke-10 daftar makanan berikut ini:

1. Daging olahan
Daging olahan mengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang dapat memperlambat pencernaan. Padahal tubuh membutuhkan protein yang mudah dicerna agar mendapatkan asupan energi dengan cepat. Pilihlah makanan yang mengandung protein sehat seperti daging dan dada ayam tanpa kulit.

2. Sayuran mentah
Meskipun sayuran mentah mengandung nutrisi tinggi, tetapi nutrisi sayuran saja tidak cukup untuk mengembalikan kekuatan tubuh setelah berolahraga. Setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, tubuh memerlukan nutrisi yang lebih besar dari nutrisi sayuran mentah untuk membantu menyembuhkan otot, menjaga metabolisme dan tingkat energi.

3. Soda dan minuman rasa buah
Konsumsi soda dan minuman rasa buah memang harus dihindari setiap saat, terutama setelah berolahraga karena kandungan gulanya yang tinggi. Tubuh membutuhkan pemulihan yang stabil dan bertahap setelah latihan, tetapi konsumsi gula menyebabkan efek yang berlawanan.

Untuk mengobati rasa haus setelah berolahraga karena tubuh kehilangan zat elektrolit, minumlah air putih atau air kelapa. Keduanya adalah pilihan sehat yang alami dan bebas gula buatan.

4. Camilan asin
Makan makanan yang mengandung garam berlebih setelah latihan dapat mengganggu keseimbangan mineral dan air dalam tubuh. Setelah tubuh mengeluarkan keringat, Anda perlu mengisi elektrolit, termasuk sodium. Tetapi jika jumlahnya berlebihan dapat menyebabkan perut kembung.

5. Roti putih
Roti putih terbuat dari pati yang dapat diubah menjadi gula dengan sangat cepat. Tubuh akan kesulitan membangun kekuatan kembali setelah berolahraga karena gula hanya dapat memberikan lonjakan energi sesaat saja.

6. Permen
Permen termasuk makanan yang terlarang setelah latihan karena tidak memberikan manfaat bagi tubuh dan mengandung banyak gula. Sebaliknya, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sports Nutrition menunjukkan bahwa susu coklat dapat menjadi pilihan minuman untuk pemulihan otot yang optimal karena menyediakan karbohidrat, kalsium, protein dan kadar air tinggi.

7. Sereal olahan
Beberapa sereal dapat mengandung gula berlebih yang memberikan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi setelah berolahraga. Sereal olahan kadang juga menghapuskan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral, sehingga berhati-hatilah jika memilih produk sereal.

8. Kue-kue
Kue-kue seperti donat mengandung lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri dan tidak akan membantu pemulihan tubuh setelah berolahraga. Bahan-bahan seperti tepung halus, gula dan bahan berlemak dalam kue tidak menawarkan nutrisi yang cukup untuk memulihkan tubuh.

9. Telur goreng mentega
Sebenarnya telur baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena kandungan protein dan kolinnya yang mampu mengembalikan tingkat energi dan menjaga kesehatan jantung. Namun manfaat ini hilang ketika telur digoreng dengan minyak atau mentega yang mengandung lemak tinggi.

Anda dapat memilih alternatif yang lebih sehat yaitu dengan merebusnya. Telur rebus lebih mudah dimakan di mana saja dan kaya nutrisi tanpa perlu mendapatkan tambahan lemak jenuh ketika digoreng, apalagi dengan mentega.

10. Kentang goreng
Kentang goreng hanya menawarkan lemak, pati, dan sodium, yang telah kehilangan nutrisi protein sehingga tidak dapat memulihkan tubuh setelah berolahraga.

1 comments:

a.y said...

Saya suka dengan artikel-artikel yang ada di blog ini.
Namun sayang animasi mouse pointernya terasa mengganggu.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls