Monday, September 17, 2012

Bahaya Kebakaran di RS

Fire Lift / Elevator

19 05 2010
Petunjuk Pemakaian lift
“Jangan gunakan lift apabila terjadi kebakaran” - Kata kata itu yang kita ingat dan ditanamkan sejak dahulu.
Lalu apa yang digunakan oleh pemadam kebakaran untuk naik ke lantai yang tinggi? Apabila gedung tersebut memiliki tinggi lebih dari 20 lantai, tentunya tidak memungkinkan untuk menaiki tangga dengan peralatan lengkap dan masih bisa bekerja memadamkan api.
Sekarang ini untuk bangunan tinggi sudah disediakan fire lift / fire elevator. Dimana Lift tersebut dapat dipakai untuk membawa para pemadam kebakaran naik ke lantai yang tinggi.
Apakah lift tersebut tahan api? tentunya tidak 100%. Fire lift dasarnya hampir sama dengan lift biasa, hanya saja ada bagian bagian tertentu yang diperkuat.
Cara kerjanya sebagai berikut:
Phase 1 : Ketika terjadi kebakaran / Fire alarm berbunyi, maka lift akan mengabaikan seluruh panggilan dan kembali ke area lobby. Sehingga penumpang didalam lift dapat keluar di lobby / lantai evakuasi yang telah ditentukan.
WTC Attack
Phase 2 : Ketika Pemadam kebakaran datang, mereka memiliki kunci yang dapat mem – bypass seluruh control dan membawa mereka ke lantai yang diinginkan. Jadi Lift tersebut hanya melayani pemadam kebakaran.
Jadi, Jangan gunakan lift apabila terjadi kebakaran – apakah karena lift nya tidak aman atau karena dipakai oleh pemadam?
Sampai saat ini penggunaan lift untuk evakuasi masih diperdebatkan, terutama sejak tragedi WTC dimana menara yang menggunakan lift untuk evakuasi memiliki korban lebih sedikit.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls